Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot

Lemot bukanlah kata favorit bagi mereka yang memiliki gadget seperti smartphone. Sebagai perangkat yang digunakan setiap hari, tidak ada kompromi untuk lambat. Beberapa ponsel yang lambat termasuk penundaan atau respons sentuh yang terlambat, aplikasi tiba-tiba macet dan kinerja keseluruhan lambat.

Inilah cara menangani smartphone lambat Anda:

1. RAM Smartphone Kurang

RAM adalah memori yang menyimpan data sementara untuk aplikasi yang dapat berjalan. RAM yang lebih besar, semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan bersama atau istilah multitasking.

Baca Juga: Cara Daftar Google News

Anda dapat memeriksa status penggunaan RAM mulai dari aplikasi apa pun yang membutuhkan banyak RAM dan seberapa banyak RAM yang tersisa tidak digunakan oleh opsi pengembang dalam pengaturan. HP Lemot umumnya disebabkan oleh penggunaan RAM yang berlebihan dan untuk mengatasinya, Anda dapat menutup jendela multitasking yang berjalan atau restart ponsel Anda.

2. Penyimpanan hampir penuh 

Selain Penggunaan RAM berada dekat dengan penuh, penyimpanan yang hampir penuh juga bisa menjadi faktor mengapa ponsel bisa lambat. Beberapa aplikasi seperti jenis media sosial terkadang juga menghemat cukup banyak penyimpanan cache yang sangat boros.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan sampah atau file yang tidak penting melalui aplikasi seperti file oleh Google atau cache di Pengaturan> Aplikasi> Aplikasi terkait> Cure cache> Agar tidak mengganggu file sistem yang ada secara internal, disarankan untuk menyimpan sebagian besar file dalam penyimpanan eksternal terlebih dahulu.

3. Reset pabrik

Reset pabrik atau reset pabrik adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi HP Lambat. Dengan reset pabrik, semua data / file dihapus dan ponsel dibuat seolah-olah itu baru. Ini adalah cara yang kuat bagi Anda yang mungkin pusing dengan ponsel yang sangat lambat dan malas untuk melakukan beberapa cara di poin sebelumnya.

Untuk melakukan reset pabrik, sangat mudah di mana Anda hanya perlu pengaturan> Manajemen Umum> Reset> Reset data pabrik. Sebelum membuat reset pabrik, pastikan Anda telah mendukung data penting dan menghapus kartu microSD.

4, Aplikasi ada yang bermasalah

Tidak jarang, aplikasi Android tiba-tiba bisa macet atau berhenti tanpa sebab ketika mereka sedang digunakan. Biasanya, ini terjadi pada aplikasi yang telah bermasalah atau diambil dari Internet atau tidak diunduh langsung dari Play Store.

Jika Anda menemukan masalah yang dapat membuat ini lambat di ponsel Anda, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghapus dan menginstalnya lagi. Akan lebih baik jika Anda segera mengunduhnya dari Play Store untuk memastikan bahwa aplikasi ini adalah versi terbaru dan aman dari virus dan malware.

5. Bloatware

Masih terkait dengan aplikasi, bloatware adalah aplikasi HP default yang sebagian besar berakhir jarang atau tidak pernah digunakan. Hadir dalam jumlah yang tidak kalah pentingnya, bloatware tentu cukup mengganggu, mengambil banyak penyimpanan dan karenanya dapat membuat HP lambat.

Untuk menghapus bloatware Anda dapat segera menekan dan menyimpan ikon aplikasi di laci aplikasi kemudian pilih Uninstall, atau ke Pengaturan> Aplikasi> Pilih aplikasi yang akan dihapus> Copot. Jika tidak ada opsi uninstall, Anda juga dapat memilih menonaktifkan opsi sehingga setidaknya tidak lagi berjalan di latar belakang.

6, OS belum diperbarui

Setiap pembaruan atau pembaruan baru disajikan, Android selalu membawa beberapa perbaikan untuk mengatasi bug atau masalah lain. Jika ponsel Anda lambat, kemungkinan jika itu bukan masalah dari perangkat kerasnya, tetapi perangkat lunaknya. Karena itu, selalu pastikan apakah OS di ponsel Anda adalah yang terbaru.

Untuk memastikan Anda dapat pergi ke Pengaturan> Pembaruan Perangkat Lunak> Unduh dan instal dan tunggu sebentar. Jika memang ada pembaruan terbaru segera mengunduh tetapi disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi karena ukuran rata-rata cukup besar.

LihatTutupKomentar