Fungsi Captcha Pada Website

Apa itu CAPTCHA? Mungkin pertanyaan ini muncul ketika Anda mendengar kata ini. Untuk Internet Explorers yang sering mengunjungi berbagai situs dan mendaftar secara online, CAPTCHA mungkin tidak asing karena CAPTCHA adalah sistem keamanan umum yang harus dimiliki oleh pemilik situs web.

Baca Juga: Apa itu Dark Web

CAPTCHA umumnya ditemukan di Internet, terutama ketika Anda mendaftar di situs atau menggunakan alat di situs web. Sayangnya, sebagian besar pengguna hanya mengikuti pesanan untuk memasukkan huruf, angka atau klik gambar, tanpa benar-benar mengetahui apa fungsinya.

CAPTCHA adalah penggunaan grafis, dapat berupa huruf, angka, atau gambar untuk memverifikasi apakah permintaan dikirimkan oleh komputer atau manusia.

Fungsi CAPTCHA

1. Lindungi alamat email dari Scraper

Scraper adalah bot yang dapat memotong alamat email seseorang dari situs web, kemudian mengambil alih akses. CAPTCHA akan melindungi dan menyembunyikan alamat email Anda dari scraper sehingga spammer tidak dapat menyebarkan spam dan mencari alamat email Anda.

2. Mencegah komentar spam di situs web atau blog

Banyak blogger menggunakan komentar palsu untuk menaikkan tarif situs mereka sehingga mereka memasuki mesin pencari awal. Kehadiran CAPTCHA akan mencegah munculnya komentar spam dengan jenis ini, karena setiap kali Anda ingin memposting komentar pengguna harus memasukkan captcha dari kombinasi angka, huruf, atau gambar terlebih dahulu.

3. Mencegah bot mesin pencari

Keberadaan CAPTCHA dapat melindungi halaman situs web dari bot mesin pencari yang terkadang muncul untuk membaca halaman situs web. Sebenarnya, ada tag yang dapat melakukan tugas ini.

Namun, terkadang kurang efektif dalam memblokir bot mesin pencari ini. Untuk benar-benar menjamin keamanan halaman web, perlu captcha.

4. Lindungi pendaftar di situs web

Secara umum, layanan gratis yang disediakan oleh perusahaan besar seperti Google, Microsoft, YouTube, dan lainnya membutuhkan CAPTCHA untuk melindungi dan mencegah penyalahgunaan data dengan berbagai skrip otomatis.

Karena itu, ketika mendaftar Anda sering menemukan CAPTCHA. Sebagai Infrmi, beberapa tahun telah diserang oleh BOT ketika pendaftaran ribuan akun email secara bersamaan. Dengan kehadiran CAPTCHA diharapkan bahwa ini tidak diulang.

5. Mencegah serangan kamus di situs web atau blog

Penggunaan CAPTCHA juga dapat mencegah serangan kamus dalam sistem kata sandi sehingga dapat mencegah pencurian akun yang dilakukan dengan memutus kata sandi melalui penggunaan bot kamus.

Akun ini akan lebih aman dan menghindari pencurian dan penyalahgunaan individu yang tidak bertanggung jawab.

LihatTutupKomentar