Cara Simple Mengatasi Flashdisk Error

Flashdisk adalah salah satu jenis penyimpanan portabel dengan ukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Flashdisk sering digunakan untuk memindahkan file dari satu PC ke PC lain, atau untuk hal-hal seperti menginstal ulang.

Baca Juga: Fungsi Captcha Pada Website

Karena ukurannya yang kecil dengan tubuh yang umumnya terbuat dari plastik dan sering "masuk" banyak pcs, flashdisk rentan memiliki masalah. Salah satu yang paling umum tidak dapat dibaca. Bukannya itu sepenuhnya rusak, flashdisk yang dapat dibaca dapat diperbaiki dengan mudah dan mengikuti beberapa cara

1. Hapus instalasi driver untuk FlashDisk

Salah satu sumber masalah mengapa flashdisk tidak dapat dibaca atau tidak muncul dalam file explorer karena pengemudi itu sendiri rusak. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah menghapus instalasi driver dari flashdisk itu sendiri.

Untuk melakukan ini, Anda harus mengklik kanan menu Start dan pilih Device Manager. Di Disk Drive Search Search itulah flashdisk Anda, klik kanan lalu pilih Uninstall Device. Jika ya, restart PC atau laptop dan Windows Anda akan secara otomatis menginstal driver flashdisk baru.

2. Ubah pengaturan pada hub root USB

Selain menghapus instalasi driver FlashDisk, di Device Manager ada juga cara lain yang pada saat-saat dapat memperbaiki flashdisk yang tidak dapat dibaca. Pertama, buka Device Manager lalu klik kanan hub root USB pada bagian USB Serial Serial Controllers.

Pilih Properties dan pada tab Manajemen Daya, hapus centang memungkinkan komputer mematikan perangkat ini untuk menghemat daya. Jika ada lebih dari satu hub root USB, lakukan hal yang sama untuk orang lain. Jika prosesnya selesai, restart PC atau laptop Anda lalu lihat apakah flashdisk telah dibaca.

3. Periksa melalui properti

Hampir semua versi Windows, terutama Windows 10 dilengkapi dengan alat atau fitur khusus untuk memeriksa dan memperbaiki perangkat penyimpanan yang mengalami masalah - salah satunya tidak dapat dibaca. Trik, buka file explorer dan klik kanan flashdisk Anda dan pilih Properties. Jika ada pada tab Alat, di bagian Pemeriksaan Kesalahan klik Klik.

Pilih opsi Scan and Repair Drive dan tunggu sebentar hingga Windows menemukan dan memperbaiki masalah. Perlu dicatat bahwa metode ini hanya dapat diterapkan pada flashdisk yang masih dapat muncul di file explorer tidak sepenuhnya tidak bisa.

4. Matikan pengaturan suspend selektif USB

Untuk menghemat masa pakai baterai dan daya tahan perangkat USB seperti FlashDisk, Windows umumnya akan mematikan daya untuk flashdisk yang macet setelah beberapa menit tidak digunakan. Pada beberapa kesempatan, ini sebenarnya membuat flashdisk tidak dapat dibaca.

Berita baiknya, pengaturan ini dapat dimatikan dengan masuk ke Power & Sleep In The System dengan mengetiknya di menu Mulai. Jika sudah, pilih Pengaturan daya tambahan di sisi kanan> Pengaturan Rencana Ubah> Ubah pengaturan daya canggih. Di bagian Pengaturan USB, pilih USB selektif Suspend Pengaturan dan atur baterai atau dicolokkan ke Dinonaktifkan.

LihatTutupKomentar