Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar

Akhir-akhir ini, populasi Indonesia jelas dekat dengan menulis atau meninjau dari beberapa media atau media sosial. Bahkan artikel menulis di mana kebenaran tidak cocok dengan kenyataan ada juga banyak yang tertarik membaca dan membantunya.

Baca Juga: 5+ Alasan Kenapa Perlu Pake SSD

Tulisan-tulisan tersebut dapat disebut oleh artikel. Artikel sendiri adalah esai singkat, sekitar 400 hingga 2.000 kata, meninjau topik khusus dan dimaksudkan untuk memberi pemikiran pada fakta, baik bukti, ide atau pendapat khusus.

Bagi sebagian orang bagaimana menulis artikel itu mudah. Dia hanya memasukkan apa isi kepalanya dalam satu tulisan maka menjadi artikel. Namun, tidak dapat ditolak beberapa individu merasa sulit untuk membuat artikel. Meskipun Anda dapat menulis artikel tetapi tidak memikat, berbelit-belit dan tidak kaya akan data.

Apakah Anda pikir satu artikel tipuan selalu memikat? Meskipun informasi itu berbohong mengapa orang sibuk membacanya dan mendistribusikannya? Argumennya adalah karena kesan tipuan tahu apa yang disukai penghuninya, apa yang dibicarakan dan dibenci.

Nah, jika Anda ingin belajar cara menulis artikel yang menarik, tulis lebih atau kurang itu akan bermanfaat bagi orang, atau tentang peristiwa yang lagi dibahas oleh orang-orang.

Proses penulisan artikel

Selanjutnya, berikut ini adalah tingkat paling penting dalam membuat artikel, yaitu memproses tulisan Anda. Setelah Anda menentukan tema artikel, tentukan pemikiran, dan kumpulkan referensi, saatnya bagi Anda untuk memproses semua hal ini menjadi seluruh tulisan.

Ada banyak cara untuk menulis artikel yang bagus.

- Pertama, Anda harus menentukan gaya otoritas spesifik. Itu dapat diperoleh dengan membaca tulisan seseorang, maka jika Anda telah menemukan gaya penulisan yang menurut Anda baik dan tepat untuk Anda, ikuti gaya.

- Kedua, perhatikan tanda baca dan kalimat. Ini sering melarikan diri dari membuat artikel untuk pemula. Dasar dari satu artikel artikel adalah seluruh kalimat. Lihat bagaimana Anda menempatkan subjek judul dan objek, maka koma atau titik yang Anda gunakan.

- Ketiga, menjauhlah dari kata-kata yang sama dalam satu paragraf. Atau jika Anda dipaksa untuk menulis kata yang sama mencari persamaan katanya. Di sini keterampilan kosakata Anda dapat diuji. Bagaimanapun, gunakan kosakata yang kaya dan gunakan KBBI jika perlu.

Saat memproses menulis dalam artikel, lakukan menulis 5 hingga 7 kalimat pada paragraf. Anda tidak perlu membuatnya begitu sulit.

- Langkah pertama dalam mencoba menulis 500 hingga 600 adalah yang pertama. Coba buat artikel dengan 5 paragraf. Satu paragraf untuk pembukaan, tiga paragraf untuk konten, dan satu paragraf untuk sampulnya.

Gunakan pemikiran dan referensi yang telah Anda kumpulkan sehingga kalimat berlanjut. Sisanya, Anda hanya berlatih cara menulis artikel sesering mungkin.

Panduan untuk menulis artikel

Ada banyak panduan lain dalam membuat artikel yang dapat Anda terapkan.

Misalkan, jangan banyak menulis artikel di awal, karena ini kemungkinan akan membuat Anda buntet jika belum dilatih. Tulis sedikit tetapi sering.

Selanjutnya, pilih topik artikel yang terbiasa dengan Anda sampai lebih menguasainya, jangan terlalu digulung. Cukup pikirkan masalah pada topik, lalu jelaskan pengetahuan Anda

Cara menulis artikel

Untuk pemula, Anda harus membaca beberapa langkah untuk memungkinkan artikel untuk membantu Anda di bawah ini.

1. Tetapkan topik artikel

Topik tulisan Anda harus detail. Lebih detail semakin memprovokasi untuk membaca minat. Menentukan arah penulisan. Umumnya artikel, apa lagi dalam tipe artikel deskripsi dan narasi, tidak menjelaskan arah penulisan secara tertulis, tetapi mengungkapkan.

2. Rumuskan ide dasar atau masalah artikel

Nah, ini dapat menggunakan garis besar atau kerangka ide-ide dasar per paragraf. Jadi anggaplah Anda ingin menjelaskan masalah ini pada paragraf pertama, contoh masalah dalam paragraf ke-2, pemicu pada paragraf ke-3, berdampak pada empat paragraf Dan jalan keluar pada paragraf lima.

3. Buat ikhtisar artikel

Ringkasan membuatnya mudah. Anda dapat membuatnya dengan baik jika artikel Anda benar.

Yang penting diingat dalam penulisan artikel adalah:

1. Elemen 5W+1H 

* What: Apa masalahnya

* Where : Di mana tempatnya

* When : Kapan

* Who : Siapakah yang menceritakan, atau bercerita mengenai siapa

* Why : Mengapa masalah berlangsung

* How : Bagaimana masalah itu dapat berlangsung, atau bagaimana masalah itu dituntaskan.

2. Menurut kenyataan

Artikel ini memang terdiri dari 2 yaitu fiksi dan nonfiksi. Dalam artikel bukan fiksi Anda pasti harus membuatnya sesuai dengan kenyataan. Bagaimana Anda mengenali kenyataan itu atau tidak, silakan periksa dan ricek dari berbagai sumber sampai Anda dapat menutupi kedua sisi.

Nah, keberhasilan menyampaikan hal-hal sesuai dengan bukti adalah karena sekarang hukum kita sangat ketat tentang hukum ITE yang akan memenjarakan orang yang menulis informasi atau tipuan.

3. Jangan menyentuh pribadi atau grup

Semua orang bebas menulis, menulis apa yang dia inginkan. Tetapi menulis berguna, bukan hanya buah berpikir di sudutnya orang atau kelompok tertentu. Kecuali jika itu akan menghasilkan perseteruan, Anda juga memiliki potensi untuk melanggar hukum dan bertemu dengan pihak berwenang.

LihatTutupKomentar