5+ Alasan Kenapa Perlu Pake SSD

Penyimpanan internal pada komputer atau laptop terdiri dari dua jenis, yaitu hard disk drive (HDD) dan Solite Stade Drive (SSD). Keduanya tentu memiliki perbedaan baik dalam hal desain dan fungsi. Dari kedua jenis penyimpanan, yang lebih unggul?

Baca Juga: Fungsi Captcha Pada Website

Bagi sebagian orang yang menginginkan kinerja yang lebih tangguh, pilihan mereka jatuh ke SSD. Meskipun dalam hal harga terlalu jauh, SSD tentu menawarkan kinerja yang lebih baik daripada HDD. Agar lebih jelas, lihat beberapa alasan berikut yang akan menjelaskan mengapa Anda harus mengganti HDD dengan SSD.

1. Transfer file yang lebih cepat

Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda ingin mentransfer file besar dalam waktu singkat. SSD menawarkan kecepatan transfer file berkali-kali Anda menggunakan HDD.

2. Performa multitasking lebih unggul

Bagi Anda yang sering bekerja dengan banyak aplikasi, komputer Anda tidak akan lambat ketika multitasking menggunakan SSD. Itu tentu berkat kecepatan membaca yang sangat tinggi.

3. Penghematan daya listrik lebih

Meskipun kinerjanya jauh di atas HDD, ternyata SSD lebih efisien dalam penggunaan daya listrik. SSD membutuhkan daya sekitar 1 watt sementara HDD dapat mencapai 10 watt.

4. Tidak mudah panas

HDD menerapkan elemen mekanis, itu membuatnya lebih cepat panas. Sementara SSD dijamin tahan panas bahkan jika digunakan untuk waktu yang lama.

5. Lebih ringan

Karena ukurannya yang lebih kecil daripada HDD, tentu saja membuat berat SSD lebih ringan. Komponen dalam SSD tidak sebanyak HDD.

6. Percepat booting

Ketika perangkat komputer Anda dihidupkan, apakah rasanya begitu lama? Jika ya, coba ganti HDD Anda dengan SSD. Sensasi menyalakan komputer hanya dalam beberapa detik anda akan merasa ketika Anda menggunakan SSD.

7. Kecepatan membaca dan tertulis lebih unggul

Karena SSD memiliki kecepatan unggul daripada HDD, tentu saja SSD bekerja lebih baik. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 550 Mbps, sedangkan kecepatan HDD rata-rata mencapai 60 Mbps. HDD juga harus menunggu putaran sindle untuk mengakses data, berbeda dari SSD yang hanya menggunakan daya listrik untuk mengakses data. Inilah sebabnya mengapa kecepatan SSD lebih unggul dibandingkan dengan HDD.

8. Tahan guncangan

Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Jadi, itu bisa dipastikan SSD lebih tahan goncangan. Perbedaan ini membuat SSD bekerja lebih baik daripada HDD.

9. Tidak berisik

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya, tetapi menggunakan chip memori sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data. Jadi itu tidak akan membuat suara saat digunakan.

10. Ketahanan

SSD diyakini lebih tahan lama daripada HDD. Tanpa komponen yang bergerak, SSD sangat tahan terhadap dampaknya.

Itu beberapa alasan mengapa Anda harus mengganti HDD dengan SSD. Meskipun lebih menguras biaya, kualitas dan kinerja yang ditawarkan oleh SSD lebih menarik.

LihatTutupKomentar