5+ Tips Berjualan Online agar dagangan diserbu pembeli


Banyak orang masih bingung bagaimana meningkatkan penjualan di pasar. Dari awal pemula sampai penjualan stagnan diperlukan kebijaksanaan tentang hal ini, mungkin beberapa tips yang menjual di pasar yang akan saya jelaskan dapat membantu bisnis Anda.

Siapa yang tidak tahu pasar seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan sebagainya? Hampir semua orang di Indonesia mungkin sudah terbiasa dengan merek. Pengunjung ke situs Marketplace tidak ada hanya untuk membeli barang tetapi juga untuk menjual. Tetapi tidak semua orang merasakan kesuksesan yang sama saat menjual. Beberapa menjual, ada yang normal, beberapa bahkan tidak menjual sama sekali.

Tetapi masih ada hal-hal yang dapat dicurigai oleh semua orang. Setelah menunggu selama satu hari, 2 hari, seminggu, sebulan, tidak ada yang membeli. Mengapa?

Rupanya menjual secara online tidak semudah yang dibayangkan. Jumlah lalu lintas dan jumlah transaksi pasar tidak mempengaruhi toko Anda. Ini sering tidak direalisasikan oleh pengusaha online pemula.

Berikut ini adalah tips untuk ditonton dengan baik dan segera dipraktikkan, Jangn lupa

1. Gunakan deskripsi produk yang menarik dan jelas

Deskripsi produk adalah salah satu elemen penting dalam setiap produk yang Anda jual karena pembeli tidak hanya melihat foto produk Anda. Mereka akan membaca beberapa informasi yang terkait dengan produk yang Anda jual sehingga tidak salah.

Menjelaskan deskripsi produk yang baik akan sangat membantu calon konsumen membuat keputusan. Deskripsi produk tidak lengkap dan kurang jelas dibandingkan dengan deskripsi produk Pesaing dapat membuat Anda kehilangan pelanggan potensial.

Jadi, jika Anda merasa produk Anda tidak memiliki deskripsi produk lengkap, Anda harus segera memperbaikinya.

Ada juga tips yang dapat Anda praktikkan dengan deskripsi produk, yaitu mengisinya dengan copywriting yang baik dan menyampaikan manfaat yang diperoleh konsumen jika Anda membeli produk jika ada.

Tips selanjutnya adalah dengan menulis deskripsi produk dengan teknik copywriting. Deskripsi produk menarik dan jelas bagi konsumen akan sangat membantu konsumen lebih percaya dengan toko Anda daripada yang lain. Anda mungkin dapat menerapkan formula AIDA dalam mengisi deskripsi produk.

Selanjutnya adalah menjelaskan beberapa keunggulan jika Anda membeli produk di toko Anda. Apakah Anda menawarkan produk bonus, bogo promo (beli 1 dapatkan 1), atau dapat menjelaskan bahwa toko Anda telah terdaftar di program pengiriman gratis seperti yang ditawarkan oleh TOKOPEDIA dan Shopee.

2. Gunakan foto yang menarik dan jelas

Tips untuk dijual di pasar berikutnya terkait dengan foto produk. Foto yang jelas dan terlihat profesional biasanya dapat membantu meningkatkan penjualan. Khusus untuk produk-produk fesyen yang fotonya perlu menggunakan model yang memakainya. Ini agar konsumen dapat melihat apakah produk baik saat dikenakan.

Banyak pemula salah dalam hal ini karena mereka menggunakan manekin untuk menampilkan produk. Akan lebih baik jika produk dipamerkan oleh model yang memiliki PARAS yang menarik dan instagramable. Bukan tanpa alasan, psikologi terbukti jika produk yang dipamerkan oleh model yang indah dan tampan terlihat lebih baik

Tips selanjutnya adalah Anda harus menampilkan foto produk asli dan sejelas mungkin seperti foto depan, tampilan belakang, tampilan samping, berbagai pilihan warna hingga detail produk.

Informasi visual sangat penting sehingga konsumen merasa tidak tertipu ketika produk Anda mencapai tangan konsumen. Jika mereka merasa tidak puas, toko Anda dapat dikeluhkan karena rasanya tidak sesuai dengan gambar yang Anda tampilkan.

3. Respon cepat ketika ada konsumen yang menanyakan barang yang dicari

Kecepatan Balas ke pesan yang masuk bisa sangat berpengaruh dengan penjualan produk Anda. Semakin cepat Anda membalas obrolan yang masuk itu akan lebih baik. Ini karena smartphone, komputer dan tablet sangat mudah dijelajahi. Untuk mengatakan Lihatlah sekeliling produk lain hanya gulir dan klik. Jika Anda membalas obrolan lama, itu bisa menjadi calon pembeli yang sudah melihat produk lain dan mendapatkan respons yang lebih cepat daripada penjual lainnya.

Jadi, Anda perlu memperhatikan kecepatan respons Anda ketika seseorang bertanya. Ini penting karena banyak pembeli siap membeli. Transfer uang dengan mobile banking dan internet banking sekarang dapat diproses dengan cepat.

Jika Anda sudah tua, kesempatan dapat diambil oleh orang lain,hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah keramahtamahan Anda dalam menjawab obrolan dari calon pembeli dengan bermain selama mungkin. Pelanggan sangat menghargai jika Anda membalas pesan dengan antusias.

Penggunaan masing-masing pesan balasan emoji tersenyum adalah salah satu trik terbaik. Jangan lupa untuk membalas pesan yang tidak terlalu singkat karena orang BAPA biasanya menganggap Anda sebagai orang Jutek

4. Gunakan nama toko yang mudah diingat

Tips Anda berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih nama toko yang mudah diingat dan relevan dengan produk niche yang Anda jual. Ini agar pembeli hanya dengan mudah mengingat nama toko Anda ketika Anda ingin membeli produk Anda lagi dan mudah ditemukan saat dicari.

Salah satu contoh toko yang dapat digunakan sebagai contoh adalah toko komputer enter. Kata 'enter' adalah kata yang sering dan kata yang dikenal oleh pemilik komputer atau penggemar PC.

Kata 'komputer' adalah kata yang mengklarifikasi apa yang dijual toko ini. Jelas toko ini menjual berbagai jenis produk yang terkait dengan komputer. Menggabungkan nama toko dan jenis produk yang Anda jual akan memudahkan orang untuk mengingat toko Anda.

5. Gunakan logo atau desain yang menarik konsumen

Tip berikutnya adalah membuat logo unik dan terlihat profesional,konsumen semakin pintar untuk membedakan toko mana yang dikelola dengan serius dan yang normal. Semakin banyak upaya yang Anda gunakan untuk membuat toko Anda terlihat berbeda dan menarik daripada yang lain akan memberikan kesan positif dibandingkan dengan toko pesaing.

Contoh untuk masalah logo dan penutup gambar. Banyak toko starter tidak memanfaatkan fitur identitas toko ini dan memilih untuk meninggalkannya dengan pengaturan default.

Meskipun mempercantik toko Anda menjadi lebih menarik untuk memberikan kesan yang berbeda untuk calon pembeli. Jika Anda tidak dapat merancang logo dan elemen branding, Anda dapat menyewa desainer freelance.

Anda dapat menggunakan desain di banyak pasar yang Anda miliki di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya. Ada juga beberapa toko yang mempercantik toko-toko mereka dengan foto-foto produk yang lebih menarik.

6. Kenakan berbagai jenis layanan kurir /jasa ekspedisi

Kiat untuk menjual di pasar berikutnya adalah menyediakan sebanyak mungkin opsi kurir. Ini adalah hal alami saya sendiri. Di masa lalu ketika saya baru saja mulai hanya menyediakan layanan pengiriman JNE sudah cukup karena saya menganggap layanan terbaik dan area yang paling luas.

Tapi ternyata dengan cara ini salah,semakin banyak opsi pengiriman yang Anda aktifkan, maka kemungkinan akan lebih banyak pembeli. Ini karena kita tidak tahu apakah pembeli memiliki pengalaman pengiriman yang baik dengan kurir tertentu atau tidak.

Mungkin ada orang-orang yang kecewa dengan JNE karena barang-barang hilang atau rusak. Jadi mereka memilih untuk beralih ke kurir lain dan ternyata lebih memuaskan.

7. Manfaatkan Iklan di Marketplace

Iklan di pasar telah terbukti membawa banyak keberuntungan bagi orang-orang yang berhasil memilih produk yang tepat dan penargetan yang tepat. Pada dasarnya iklan di Marketplace mirip dengan iklan media sosial seperti Facebook atau Instagram. Anda perlu menguji produk apa yang Anda jual dan pilih kata kunci yang tepat untuk penargetan.

Tidak seperti media sosial yang perlu riset lebih keras karena pengguna membuka pelamar atau situs web adalah tujuan utama untuk bersosialisasi di dunia Maya. Beriklan di pasar dalam sebuah konsep lebih mudah karena orang yang membuka Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan toko online lainnya dalam keinginan untuk berbelanja atau mencari produk yang ingin Anda beli.

Meskipun ada konsep yang lebih mudah, ada beberapa faktor yang membuat iklan Anda tidak menghasilkan keuntungan. Anda masih harus mempertimbangkan margin keuntungan yang diperoleh setelah biaya iklan dikurangi, pemilihan produk yang akan diiklankan, memasok, merancang deskripsi produk yang lebih menarik tentang pesaing untuk pemilihan kata kunci yang sesuai. Jika Anda berhasil membuat iklan yang tepat, toko Anda dapat dibanjiri dengan pembeli setiap hari.

8. Mempromosikan barang dagangan di berbagai tempat

Tips Terakhir adalah dengan mempromosikan saluran lain seperti di situs web atau media sosial. Satu kerugian pasar adalah untuk mengakses produk pesaing lebih mudah daripada yang Anda jual di media sosial atau situs web. Jika toko Anda menginginkan selangkah lebih maju maka Anda juga harus melakukan promosi di saluran yang tidak tersentuh oleh pesaing.

Anda dapat mempromosikan dengan sistem organik atau beriklan di media sosial kemudian langsung calon pembeli yang tertarik untuk membelinya di toko online Anda. Cara ini sangat efektif terutama banyak pembeli online yang ingin membeli di Marketplace karena alasan keamanan.

Jika Anda dapat menarik lalu lintas yang tidak dimiliki oleh pesaing, dapat dijamin pengembangan toko online Anda akan lebih baik dan lebih cepat. Itu beberapa tips untuk menjual online yang dapat Anda praktikkan segera untuk toko online Anda. 

Beberapa tips di atas terbukti membantu banyak pengusaha online untuk meningkatkan penjualan. Jadi pastikan untuk melakukan apa yang saya sarankan di atas. Jika ada tips / saran lain jangan lupa untuk menulis di kolom komentar ya

LihatTutupKomentar