5 Gejala kamu mengalami serangan jantung pada saat berolaharga

Serangan jantung adalah penyebab kematian terbesar di dunia. Saat menyerang, penyakit ini tidak peduli dengan usia tua dan muda. Penyakit jantung disebabkan oleh kerusakan di seluruh atau beberapa jantung, kerusakan arteri koroner, atau pasokan nutrisi dan oksigen yang buruk menjadi orgaya hidup yang tidak sehat adalah pemicu terbesar penyakit ini. 

Salah satu cara untuk mencegah dan meringankan gejala penyakit jantung adalah berolahraga. Tetap aktif adalah cara yang bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Olahraga teratur, aerobik seperti berlari telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, olahraga kadang-kadang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, terutama bagi mereka yang memiliki risiko penyakit jantung dan tidak memantau kegiatan mereka dengan benar. Kondisi ini sering diabaikan sampai akhir serangan jantung terjadi secara tiba-tiba.

Terkadang, masalah jantung dapat muncul saat berolahraga. Olahraga dan berat yang berlebihan juga dapat memengaruhi kinerja jantung. Ada beberapa masalah yang dapat muncul saat berolahraga,berikut beberapa diantaranya.

1. Tubuh keluar keringat dingin

Berkeringat ketika berolahraga adalah hal yang sangat normal. Namun, bagaiman jika yang keluar keringat dingin, Anda harus curiga. Terutama jika kondisi ini disertai dengan tubuh yang terasa lemah dan mual.

Kondisi ini terjadi karena jantung mengeluarkan upaya ekstra untuk memompa darah melalui arteri yang tersumbat. Akibatnya, keringat keluar lebih untuk menjaga penurunan suhu tubuh.


2. Detak jantung tidak normal

Saat berolahraga, hati memang memompa darah lebih cepat. Akibatnya, ketukan ketukan bahkan lebih intens. Ini masih dapat dikategorikan sebagai kondisi normal, tetapi berbeda dari orang-orang yang mengalami gejala serangan jantung

Detak jantung akan mengalami perubahan irama menjadi tidak teratur. Pada suatu waktu, Anda akan merasa kehilangan pandangan. Tetapi beberapa saat setelah itu, jantung akan berdetak seperti berlari. gejala ini menandakan masalah serius


3. Timbul rasa yang sakit di dada

Salah satu tanda yang perlu kamu waspadahi dari serangan jantung adalah rasa sakit yang hebat di dada. Daerah itu akan terasa menyakitkan dan seperti beban berat. Namun, ada kalanya serangan jantung dimulai dengan perasaan tidak nyaman yang lebih ringan.

Jika dijelaskan, dada area tengah akan terasa kencang karena diisi dengan sesuatu, seperti diperas, atau ditekan sampai tidak nyaman. Kondisi ini bisa datang dan pergi. Karena itu, Anda harus sensitif dan segera berhenti jika mereka merasakannya beberapa kali pada suatu waktu.


4. Napas pendek

Olahraga memang bisa membuat kita sehat. Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, Anda harus menghela napas dengan baik saat melakukan aktivitas fisik ini. Karena, napas yang dipersingkat dan terengah-engah adalah salah satu tanda-tanda awal serangan jantung.

Perbedaannya dengan bernapas biasa adalah gejala ini umumnya diikuti oleh dada yang menyakitkan. Jika Anda mengalami ini, itu harus berhenti terlebih dahulu sehingga napas kembali normal. Sebaliknya, jika napas terus mempersingkat, segera periksa dengan dokter.


5. Pusing

Kondisi selanjutnya yang bisa menjadi tanda serangan jantung adalah pusing yang  dapat membuat kepala terasa berputar. Meskipun bagi sebagian orang pusing itu sepele, Anda seharusnya tidak meremehkannya karena kondisi ini jelas tidak normal. Segera hentikan aktivitas jika Anda mengalaminya.

LihatTutupKomentar