Ponselmu Teredam Air? Begini Cara Mengatasinya

Pasti kamu sangat kesal bila ponsel kesayangan mu tiba-tiba jatuh ke wastafel,kehujanan,atau ada temanmu yang jahil melemparnya ke dalam air. Tapi jangan khawatir ataupun panik terlebih dahulu,bila kejadian tersebut terjadi. Kamu bisa mempraktekan cara berikut untuk pertolongan pertama ponselmu.


1. Matikan/Turn Off Ponsel

Kamu bisa mematikan daya ponselmu dan melepas kartu sim dan memory card sebab dengan mematikan daya ponsel,kamu bisa mencegah kerusakan yang lebih parah. Jika sudah di matikan dan melepas kartu sim dan memory card,jangan langsung menyalakan kembali ponselmu.

2. Buka Casing Ponsel

Tahap selanjutnya,copot casing dan buka semua aliran udara yang ada di ponsel mu. Tetapi,jangan mencoba untuk mencopot sekrup dan semua bagian komponen yang ada di ponsel. Bisa juga sembari di goyang-goyang kan perlahan supaya air yang masuk bisa keluar,hati-hati juga saat menggoyangkannya karna jika salah malah bisa memperburuk keadaan ponsel.

3. Lepas Baterai

Untuk meminimalisir resiko korsleting di ponselmu segera lepas baterai,sim card,dan memory card agar ponselmu terhindar dari korsleting karena adanya air yang masuk.

4. Pakai Kain Yang Bisa Menyerap Air

Cara lain untuk mengeluarkan air selain digoyang-goyangkan,kamu bisa memakai kain yang menyerap air dan menempelkannya di bagian basah ponselmu. Dan jangan lakukan dengan cara menggosoknya,karena itu bisa menyebabkan air berpindah kemana-mana.

5. Sedot Air Memakai Vacuum Cleaner

Cara ini juga bisa kamu terapkan memakai vacuum cleaner,karna cara ini ialah cara terbaik mengeluarkan air dari ponselmu. Perhatikan juga jika kamu memakai cara ini,pastikan sudah tidak ada benda-benda kecil seperti sim card,dan memory card.

6. Pakai Ziplock dan Isi Dengan Silicia Gel/Beras.

Salah satu cara alternatif lain untuk mengeluarkan air yaitu dengan cara pakai ziplock,kemudian isi dengan silicia gel/beras karena bahan tersebut mempunyai kemampuan untuk mengurangi kelembapan. Caranya,taruh beras/silicia gel ke dalam ziplock tadi dan masukan ponsel basah mu ke dalamnya dan tunggu selama 2 hari untuk memastikan air yang ada di dalamnya kering.

7. Cek Setelah 2 Hari

Kemudian setelah 2 hari keluarkan ponsel dari ziplock tadi dan bersihkan,cek-cek bagian layar ponselmu. Jika  ponsel mu masih ada uap air masukan kembali ke ziplock,kalau sudah kering sepenuhnya coba kamu masukan baterai ke dalam ponsel dan cobalah untuk menyalakannya kembali.

Jika ponselmu tidak menyala,coba kamu isi daya baterai dan kalau baterai ponselmu tidak terisi ada kemungkinan besar baterainya juga rusak terkena air. Selanjutnya jika cara tadi tidak berhasil pergilah ke tukang servis ponsel.

8. Lihat Kemajuan Ponsel Selama Beberapa Hari

Jika ponsel mu bisa menyala menggunakan cara tadi,perhatikan ponselmu kembali apa ada keanehan yang ditunjukan atau sering muncul untuk beberapa hari kedepan. Cobalah untuk menjalankan beberapa aplikasi,untuk menguji keanehan yang mungkin mucul.

9. Bawa ke Tukang Servis Ponsel

Jika beberapa cara tadi tidak berhasil,cobalah cara ini dan jangan pernah coba-coba untuk membongkar ponsel mu sendiri jika kamu tidak mempunyai pengetahuan atau kemampuan.

Semoga Tips dan Solusi diatas bermanfaat dan bisa membantu kamu menyelamatkan ponsel kesayangan mu dari peristiwa tidak mengenakan ini.

LihatTutupKomentar