Inilah Beberapa Detektif di Dunia Nyata Yang Terkenal Bak Sherlock Holmes

Sherlock Holmes memanglah hanya tokoh fiktif,tetapi nyatanya tidak sedikit orang yang menempuh hidup seperti si detektif. Apalagi sebagian di antaranya jadi inspirasi Doyle dalam membuat tokoh Sherlock Holmes. Ada juga yang dijuluki Sherlock Holmes di dunia nyata sebab keahlian mereka dalam membongkar permasalahan kriminal. Siapa saja mereka? Berikut ini sebagian detektif di dunia nyata yang menempuh hidupnya seperti sherlock holmes.

1. Eugene Francois Vidocq

Eugene Francois Vidocq ialah mantan preman,dan juga pakar kriminal yang diketahui sebagai ayah ilmu kriminologi modern. Menurut James Andrew serta Gregory D. Conser di Law Enforcement in the United States,Vidocq ialah pelopor dalam penyamaran, balistik, serta sistem pencatatan permasalahan kriminal. Ia pula yang menghadirkan cetakan gips sol sepatu serta tinta pengidentifikasi pola sidik jari.

Buat memperoleh pengampunan atas bermacam kejahatan yang dikerjakannya, Vidocq berkolaborasi dengan pemerintah Prancis pada tahun 1809. Ia menjadi informan serta agen rahasia yang bermanfaat,sebab koneksi yang dimilikinya di dunia kejahatan. Selaku seseorang agen, Vidocq mempunyai sebagian bukti diri yang ia pakai buat merambah jaringan kejahatan yang berbeda- beda. Tidak hanya itu ia mempunyai ingatan fotografis yang buatnya mampu mengingat wajah kriminal walaupun lagi menyamar serta perinci berarti di tempat peristiwa masalah( TKP).

Saat mendirikan Surete Nationale, biro investigasi awal di Prancis, Vidocq mengajak mantan kriminal buat bergabung. Vidocq juga mengarahkan tata cara investigasi TKP serta balistik kepada anak buahnya. Keahlian ini membuat mereka dapat membongkar kasus- kasus lebih cepat.

2. Edward Oscar Heinrich

Edward Oscar Heinrich,diketahui sebagai Edison of crime detection pada abad 19. Laki- laki asal Amerika Serikat ini pula disebut- sebut sebagai Sherlock Holmes dari Amerika. Bedanya kalau Sherlock Holmes ialah tokoh fiksi, sedangkan Heinrich hanyalah manusia biasa di dunia nyata. Seperti Holmes, Heinrich juga merupakan seseorang pakar kimia. Ia menggunakan sains buat membongkar permasalahan kejahatan.

Heinrich berasal dari keluarga biasa saja. Ia sedang meniti jalan untuk menyelesaikan pembelajaran farmasi,dan disusul dengan ilmu kimia.

Heinrich pun juga bekerja selaku pengajar ilmu investigasi kriminal di UC Berkeley. Henrich juga pernah menolong kepolisian dalam penyelidikan berbasis sains. Dikala itu nama Heinrich belum diketahui publik.

Nama Heinrich tiba- tiba tenar kala ia sukses menangkap salah satu dalang perampokan kereta terbanyak dalam sejarah Amerika Serikat. Ia sempat mengejutkan publik serta media,sebab sukses mengenali dalang cuma dari sebuah celana, senjata yang telah dipotong gagangnya, serta selembar sobekan kertas.

3. Joseph Bell

Dokter. Joseph Bell merupakan seseorang dosen serta dokter dari Skotlandia. Sir Arthur Conan Doyle juga menyebut Bell selaku inspirasi Sherlock Holmes. Bell mengajar di sekolah medis University of Edinburgh di mana Doyle belajar. Penulis kenamaan tersebut juga pernah pernah menjadi asisten administrasi Bell.

Tidak hanya mengajar, Bell pula pernah menolong kepolisian dalam menyelidiki permasalahan. Bell menggunakan seluruh inderanya buat memperoleh penaksiran yang akurat dari penderita. Ia juga sering menampilkan kemampuannya dalam memprediksi profesi serta gejala penyakit seseorang hanya dari sepintas pemikiran. Munculnya inspirasi sherlock Holmes berasal dari kisah- kisah Bell.

4. Henry Littlejohn

Sir Henry Duncan Littlejohn alias Dokter. Henry Littlejohn. Littlejohn pula menjabat sebagai seseorang dokter. Sama seperti Bell, ia sering dimintai tolong oleh kepolisian buat menyelidiki permasalahan kejahatan. Sepanjang nyaris 50 tahun Littlejohn berprofesi selaku pakar bedah Police and Medical Officer of Health of Edinburgh.

Littlejohn serta Bell juga pernah mengambil bagian dalam penyelidikan permasalahan Jack The Ripper yang masih belum terpecahkan sampai dikala ini. Littlejohn juga salah satu dosen yang mengarahkan ilmu forensik kepada Doyle di Edinburgh University. Ia dianugerahi gelar kesatria oleh Ratu Victoria pada tahun 1895.

5. Jerome Caminada

Jerome Caminada merupakan Holmes dari Manchester. Caminada ialah inspektur kepolisian selaku Garibaldi- nya para detektif oleh bermacam media massa Inggris pada akhir abad 19. Sedangkan di dunia kejahatan ia ditakuti oleh para kriminal yang tidak mau tertangkap olehnya.

Caminada lahir serta berkembang di wilayah kriminal yang diketahui dengan nama Devils Gate. Latar belakangnya ini membagikan banyak khasiat dikala ia mulai bekerja selaku inspektur polisi awal di Manchester.

Caminada senantiasa memakai observasi merata buat membongkar bermacam permasalahan. Dikala tidak lagi bertugas, ia biasa mendatangi penjara buat mengamati serta menekuni tingkah laku para kriminal ataupun menemui para informan di balik gereja.

Ia juga seorang pakar menyamar yang sering memakai bukti diri palsu dikala mengejar penjahat. Bahkan anak buahnya sendiri juga,pernah tidak menyadari penyamaran Caminada yang hampir sempurna.

LihatTutupKomentar