Beberapa Inovasi Zaman Dahulu Yang Masih Menjadi Tanda Tanya Besar

Di masa lalu, terutama waktu sebelum AD seringkali fokus penelitian manusia saat ini. Meskipun kali ini terkenal sebagai era di mana sains masih muda, ternyata peradaban manusia saat ini memiliki caranya sendiri untuk mengejutkan manusia modern.

ditemukan di zamannya! Bagaimana bisa? Apakah ada "kekuatan" lain yang membantu orang-orang zaman kuno? Ini adalah beberapa inovasi di masa lalu yang belum dijawab sampai sekarang!

1. Viking Ulfberhy Sword

Selain keberanian dan kecerdasan pertempuran, Viking memiliki pedang yang tidak kalah tajam dari baja Damaskus, yaitu Ulfbright (+ Vlfberht +). Diproduksi pada abad ke-9 hingga abad ke-11, pedang Ulfbrht yang memiliki panjang 90 sentimeter tersebar di seluruh benua Eropa, tetapi jumlah persisnya tidak diketahui.

Ketika para arkeolog menemukan pedang ulfbrht di berbagai situs di Eropa, mereka terkejut. Mengapa? Baja pedang Ulfberht berkualitas tinggi, dan metode dan teknologi menjadikannya "harus" baru saja muncul 800 tahun kemudian!

2. Naskah Voynich.

Nama Voynich ditujukan untuk Wilfrid Voynich, seorang penjual buku yang menerima naskah ini pada tahun 1912. Pada tahun 1969, Naskah Voynich disumbangkan ke Beinecke Langka Buku & Perpustakaan Naskah di bawah naungan Yale University, AS. 

Dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-15, manuskrip Voynich memiliki tulisan dan gambar aneh yang tidak dapat dipahami. Bahkan, para ahli kriptografi dari Perang Dunia I dan II bingung! Sampai sekarang manuskrip Voynich masih dianalisis dan dari beberapa teori tentangnya masih belum terbukti.

3. Mekanisme Antikythera.

Dianggap komputer modern "leluhur", komputer analog ini ditemukan pada tahun 1901 di lepas pantai Antikythera. Oleh karena itu, namanya adalah mekanisme antikythera. Meneliti koin yang ditemukan dengan "komputer", mekanisme Antikythera dapat dilacak hingga 205 SM-60 SM.

Modern di kali, mekanisme Antikythera digunakan untuk memprediksi fase-fase langit, bulan, dan matahari. Namun, para ilmuwan modern masih mencari tahu tentang latar belakang dan fungsi yang tepat dari komputer analog pertama ini. Sekarang, mekanisme Antikythera disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena, Yunani.

4. Baja Damaskus

Waktu Perang Salib, Tentara Islam memamerkan pedang bermotif yang unik seperti aliran air dan sangat fleksibel, bisa ditekuk ekstrem tetapi tidak tumpul atau rusak! Rupanya, pedang terbuat dari baja Damaskus. Dikatakan bahwa Baja Damaskus terbuat dari Besi Wootz yang diimpor dari India.

Namun, pembuatan pedang dengan Baja Damaskus berhenti pada pertengahan abad ke-18 karena berbagai faktor, salah satunya adalah hilangnya teknik produksi yang tidak diberitahu kepada siapa pun! Banyak yang mencoba menghasilkan lebih banyak pedang dengan baja Damaskus, tetapi itu tidak berhasil.

5. Bola Batu di Kosta Rika

Setidaknya ada 300 bola batu di Isla del CaƱo, Kosta Rika. Menurut penelitian, bola batu ini diperkirakan akan ada sejak 500-1500 M. UNESCO meramas situs bola bola batu di Kosta Rika menjadi situs warisan dunia. Selain itu, batu-batu ini juga merupakan salah satu simbol Kosta Rika.

Bola-bola batu ini dianggap sebagai peninggalan budaya dique di Kosta Rika. Mereka mereda bebatuan dengan batu lain untuk dipalsukan, kemudian diampelas untuk membentuk bola batu yang indah. Namun, latar belakang bola batu ini masih belum diketahui. Karena batu-batu itu benar-benar telah dipindahkan dari lokasi asli, sehingga memblokir pencarian motif di balik pembuatan bola batu.

Itulah Beberapa Inovasi yang sampai sekarang masih di teliti oleh para peneliti dan sedang di kuak bukti kebenarannya.

LihatTutupKomentar