5 Anggota Tubuh Manusia Yang Menghilang Karena Evolusi,Penasaran?

Sama halnya dengan hewan,tumbuhan,dan makhluk lainnya. Anggota tubuh manusia pun merupakan hasil dari seleksi alam selama jutaan tahun,dan perlu diketahui kalau anggota tubuh yang kita perlukan saat ini telah diseleksi agar menjadi lebih baik. Sedangkan anggota tubuh yang tidak diperlukan dihilangkan,pasti penasaran anggota tubuh mana saja yang hilang dari masa ke masa. Berikut beberapa diantaranya..

1. Cakar


Anggota tubuh ini hilang karena tidak cukup berguna bila ada di manusia,berbeda jika anggota tubuh ini berada di hewan terutama hewan karnivora. Cakar sangat diperlukan hewan karnivora untuk berburu mangsanya,dan jika manusia mempunyai cakar maka akan terlihat aneh dan bisa membahayakan dirinya dan orang lain. Oleh karena itu dimanusia hanya terdapat tangan dan kuku yang dapat berfungsi untuk memanjat pohon dan meraih cabang pohon secara cepat,dan masih banyak lagi kegunaannya.

2. Kaki Yang Bisa menggenggam


Manusia adalah satu satunya primata yang tak mempunyai kaki untuk menggenggam,tapi dahulu manusia sempat memilikinya. Awalnya manusia purba lah yang memiliki kaki untuk menggenggam,karna dulu mereka masih hidup diatas pohon. Kemudian menghilang setelah manusia mulai berjalan diatas tanah,beda halnya dengan kaki kera yang bisa digunakan untuk menggenggam karena kakinya digunakan untuk bergelantungan di dahan-dahan pohon.

3. Tonjolan di Alis


Di zaman zaman modern dan berkembangnya teknologi ini,manusia sudah tak mempunyai tonjolan alis. Tetapi kita mempunyai wajah yang datar dan juga dahi yang menyatu di bagian atas kepala,berbeda dengan manusia purba dulu. Mengapa tidak punya? Karena para peneliti sampai sekarang belum yakin mengapa manusia purba dulu mempunyai tonjolan alis,dan mungkin saja kalau tonjolan alis ada di manusia modern sekarang memilikinya akan terlihat aneh dan tidak menarik dilihat jadi harus dihilangkan. Dan untuk gantinya manusia mempunyai kepala yang lebih kecil,dan kita dapat membuat bulu alis yang lebih menarik untuk dilihat.

4. Mata Yang Besar


Dahulu manusia purba mempunyai mata yang besar karena berfungsi untuk menampung lebih banyak cahaya,sedangkan manusia sekarang jarang ada yang mempunyai mata yang besar. Hal ini mungkin karena seleksi alam dari masa ke masa yang mengakibatkan manusia saat ini tidak mempunyainya,dan para peneliti percaya kalau manusia bermata besar atau disebut neanderthal kala itu yang digadang-gadang telah berkontribusi dalam kepunahan manusia bermata besar dahulu kala.

5. Bulu


Kenapa manusia sekarang cuma punya rambut,sedangkan kera mempunyai bulu yang lebat di tubuhnya? Sebelumnya kita harus tahu siapa nenek moyang yang mempunyai bulu ditubuhnya di zaman dahulu yang biasa disebut Homo Sapiens,ialah Australopithecus arafensis. Kemudian nenek moyang homo sapiens ini kehilangan bulunya saat mereka sedang berburu dihutan,yang mengakibatkan mereka lebih banyak tersengat sinar matahari. Dan mereka pun mulai kehilangan bulunya,supaya dapat mengeluarkan keringat untuk membuang panas agar lebih mudah.
LihatTutupKomentar