4 Peranan Penting Terumbu Karang Bagi Biota Laut Dan Kehidupan Manusia


Sebelum itu, apa yang harus Anda ketahui seperti apa terumbu karang itu? Terumbu karang itu sendiri adalah batuan sedimen batu kapur yang terbentuk dari kalsium karbonat yang dihasilkan oleh biota laut penghasil karbonat melalui proses sedimentasi.

Dalam terumbu karang, banyak variasi biota laut biasanya diisi dengan hewan Avertebrata seperti siput dan kerang, bulu babi, anemon laut, mentimun laut, bintang laut, ikan kecil, dan biota laut lainnya. Menurut sumber tepercaya, di laut ada sekitar enam ribu spesies terumbu karang yang tersebar di seluruh dunia, dan sebagian besar tumbuh dan berkembang di perairan dangkal, dan sisanya tumbuh di dasar laut

Namun sayangnya, menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa tidak ada lebih dari 19 persen dari daerah terumbu karang.

Dan pertanyaan baru muncul, mengapa terumbu karang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia? Dan kemungkinan terburuk dari apa yang terjadi jika seluruh terumbu karang di laut dihancurkan. Pada artikel ini saya akan mengungkapkan beberapa jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini. Adas apa? langsung saja..

1. Dapat melestarikan keanekaragaman hayati

Terumbu terumbu karang juga termasuk tempat tinggal untuk biota laut lainnya dan juga mereka memiliki fungsi menyediakan nitrogen, membantu pengikatan karbon, dan memberikan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan terumbu karang.

Dan apa kemungkinan terburuk apa yang akan terjadi jika terumbu karang dihancurkan? Kemungkinan yang pasti akan terjadi adalah penggulingan terumbu karang dapat membuat ribuan spesies laut kehilangan tempat tinggal, itulah sebabnya generasi baik kita harus terus melestarikan dan membuatnya tumbuh dan berkembang.

2. Dapat Mendukung Industri Perikanan

Ikan yang hidup dengan terumbu karang adalah sumber makanan yang sangat berguna untuk lebih dari satu miliar orang di semua sudut dunia, dan terumbu karang juga berfungsi sebagai penyedia perlindungan untuk ratusan spesies ikan mengapa? Karena perannya sangat berpengaruh bagi industri perikanan.

3. Kontribusi Untuk penelitian Medis

Sebelumnya, para peneliti melihat potensi besar dalam terumbu karang, terutama untuk sektor kesehatan. Mengapa demikian? Karena terumbu karang juga organisme tak bergerak, yaitu (terumbu karang) yang mengembangkan pertahanan kimia untuk perlindungan yang sangat baik dibandingkan dengan predator. Dan para peneliti telah mampu memperoleh produk dari organisme laut seperti terapi kanker dari ganggang atau obat penghilang rasa sakit yang diambil dari dapat siput. Dan penemuan bermanfaat lainnya untuk dunia medis.

4. Dapat Melindungi Pantai dari Erosi

Mengapa terumbu karang dikenal sebagai 'hutan hujan laut'? Karena struktur pada terumbu karang sangat penting untuk pemecah gelombang alami dan membantu mengurangi dampak badai dan siklon. Bahkan efektif dalam mengurangi erosi pantai.

Hingga saat ini, ada banyak tindakan yang telah dilakukan oleh masyarakat untuk melestarikan dan membiakkan terumbu karang, terutama yang ada di Indonesia. Pada contoh, mengadakan program konservasi, pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk menggunakan dan mengelola jenis sumber daya alam.
LihatTutupKomentar