4 Alat Dapur Zaman Kuno Yang Sangat Unik

Di zaman kuno ribuan tahun yang lalu, ada banyak orang yang membutuhkan makanan untuk bergerak dan bertahan hidup. Namun, alat dapur di era tersebut dapat dikatakan belum berkembang bahkan hampir tidak ada.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Bersihkan Noda Nakal Dibaju

Jadi, alat apa yang orang kuno gunakan untuk ambil makanan? Orang-orang di zaman kuno pertama-tama dapat menggunakan segala sesuatu di sekitarnya, terutama yang berbau alam. Untuk lebih tahu jawabannya, berikut ini saya akan meninjau beberapa alat dapur kuno yang digunakan untuk memproses makanan. Langsung saja ke TKP..

1. Sendok dari kayu, Prunggu dan Perak

Tak cuma  pisau yang terbuat dari bahan-bahan unik dan mahal. Sendok yang biasanya dipakai oleh zaman kuno yang terbuat dari kayu, perunggu dan perak.

Dari tiga bahan diatas, yang paling banyak digunakan oleh orang-orang kuno ialah sendok kayu,karna sendok perunggu yang terbuat dari bahan perak yang biasanya cukup mahal dan hanya dimiliki oleh penduduk terkemuka.

Ada juga alasan lain mengapa orang-orang kuno lebih suka kayu, karena bahannya sangat mudah dibentuk dan dibuat. Jadi, tidak perlu repot mengubah bentuk menjadi sendok.

2. Kuali dan Panci dari Tanah Liat

Salah satu kebiasaan masyarakat kuno ialah memanggang, dan menggoreng, pastinya alat memasak yang mereka gunakan adalah kuali dan panci  yang bahan dasarnya dari tanah liat.

Kuali dan Panci tanah liat ini biasanya ditaruh di bagian atas perapian,dan para wanita kuno akan memproses berbagai jenis hidangan yang akan diubah jadi makanan.

Bahan ini juga merupakan komponen yang sangat gampang ditemukan, jadi tak risau kalau tanah liat ialah salah satu bahan untuk membuat alat multiguna pada zama kuno. Selain mudah dijumpai, tanah liat juga mudah dibentuk. Jadi alasan memilih tanah liat untuk dasar kuali dan panci adalah pilihan yang cocok.

3. Pisau yang terbuat dari tanduk rusa dan perunggu

Jika zaman modern ini biasanya pisau dari stainless steel yang sering Anda temukan kehidupan sehari-hari. Tapi, bagaimana jika pisau itu terbuat dari tanduk rusa dan perunggu? Mungkin jika pisau dari perunggu masih dapat ditemukan, tetapi bagaimana jika pisau yang terbuat dari tanduk rusa tampaknya sangat sulit ditemukan di zaman modern hari ini.

Di era romawi kuno, pisau yang terbuat dari tanduk rusa dan perunggu sangat umum, mengapa begitu? Karena orang Romawi kuno memiliki keterampilan berburu. Karena itu, tanduk rusa yang ia dapat biasanya dibuat pisau.

4. Piring terbuat dari Kayu dan Tembikar

Piring ini tentu sangat penting untuk wadah yang menyajikan makanan di zaman kuno, piring yang terbuat dari kayu dan juga tembikar sangat mudah ditemukan. Alasannya karena bahan-bahannya sangat cocok untuk dipilih karena bahannya sangat mudah terbentuk atau dibuat semenarik mungkin.

LihatTutupKomentar