WOW!!! Ini Dia Tarian Asal Indonesia Yang Tekenal Di Berbagai Penjuru Dunia


Kalau membahas tentang indonesia,pasti tidak ada habisnya untuk bisa dibanggakan dari negara ini. Negara yang terdiri dari banyak suku dan budaya ini,memiliki tarian yang sudah terkenal didunia loh,,, tidak hanya detinasi tempat berlibur,dan kulinernya saja yang terkenal. Tarian daerahnya pun juga tidak bisa dipandang sebelah mata,berikut beberapa tarian asal indonesia yang terkenal di mancanegara.


1. Tari Pendet
Sumber gambar wikipedia.com

Tari pendet adalah salah satu tarian selamat datang yang sangat tua di bali,menurut beberapa ahli seni pertunjukan bali. Bahwa,pada tahun1950 merupakan kelahiran tarian ini.

Tarian ini dibawakan oleh sekelompok remaja putri yang masing-masing membawa mangkok perak yang di isi bunga warna-warni,dan diakhir tarian ini para remaja putri tadi menaburkan bunga warna-warni terbut ke arah tamu yang disambut sebagai ucapan selamat datang.

2. Tari Saman
Sumber gambar wikitaria.wikia.com

Tari saman berasal dari dataran tinggi gayo,dan pencipta tarian ini ialah seorang ulama aceh yaitu syekh saman pada abad ke XIV masehi. Pada zaman itu tarian ini adalah salah satu media dakwah dan pada awal kehadiran tarian ini,tari saman merupakan tarian sakral yang cuma dipertunjukan pada peringatan maulid nabi Muhammad SAW saja.

Dan kini,tari saman menjadi tarian resmi yang biasanya dibawa untuk penyambutan tamu-tamu antar kabupaten atau tamu negara saat festival maupun seremonial kenegaraan lainnya. Tarian ini juga menyajikan keindahan gerakan dan meriah nya tepuk-tepuk tangan penari sambil memukul dada dan pangkal paha.

Biasanya tarian ini terdiri dari belasan atau puluhan penari laki-laki,dan seorang pemimpin yang mengarahkan gerakan. Tarian ini juga telah dikenal dunia sampai bisa mengangkat nama indonesia dan menyabet penghargaan bergengsi.

3. Tari Jaipong
Sumber gambar meandyouculture.blogspot.co.id

Tarian ini merupakan kesenian tradisional jawa barat yang sangat populer di indonesia,bahkan mancanegara. Tari jaipong menggabungkan beberapa unsur seni tradisional indonesia seperti pencak silat,wayang golek,ketuk tilu,dan lain lain. Tarian ini jugaa sering dipertunjukan diberbagai acara penyambutan tamu dan festival budaya.

Berdasarkan sumber yang terpecaya,tarian ini adalah tarian yang diciptakan oleh seniman yang bernama H.suanda dari karawang dan dipopulerkan pada tahun 1976. Tarian ini biasa dimainkan oleh para penari secara perorangan,berpasangan,atau juga bisa berkelompok.

Tari jaipong merupakan salah satu simbol kesenian jawa barat,dan sering dipertontonkan pada acara hiburan,menyambuy tamu besar,dan juga festival budaya.

4. Tari Kecak

Tarian ini adalah tarian kesenian tradisional sejenis drama tari dari bali,tarian ini juga menceritakan tentang cerita perwayangan khususnya cerita ramayan dan dipertunjukan dengan seni gerak dan tarian.

Berdasarkan sumber sejarah,tari kecak diciptakan pada tahun 1930 oleh seniman bali yang bernama wayan limbak dan walter spies yang merupakan pelukis dari jerman. Dan tarian ini diawali dengan membakar dupa,lalu sekelompok pengiring memasuki panggung sambil melontarkan kata "cak..cak...cak...",lalu membuat barisan melingkar yang ditengah-tengahnya dipakai untuk menari.

Sangat berbeda denga tarian pada umumnya,tari kecak tak memakai alat musik sama sekali. Tarian ini hanya diiringi oleh suara teriakan para anggota yang mengelilingi penari,para anggotanya biasanya terdiri dari 50 orang atau lebih.

5. Tari Reog Ponorogo
Sumber gambar lacodeid.com

Reog merupakan kesenian budaya yang berasal dari jawa timur,dan ponorogo adalah ssbagai kota asal reog sebenarnya. Tarian ini sangat kental dengan hal-hal berbau mistik,dalam pertunjukannya tarian reog dibuka oleh 2-3 tarian pembuka yang ditarikan oleh 6-8 penari pria yang berkostun serba hitam,dan tarian berikut dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda lumping,dan tarian terakhir yaitu tarian bujang ganong yang dibawakan oleh anak kecil yang beradegan lucu. Kemudian barulah ditampilkan pertunjukan inti sampai selesai,dan dibagian akhir diberi adegan penutup.

Berbeda dengan kesenian lain,tarian reog ponorogo tidak berfokus pada skenario yang telag disusun,berat topeng yang bisa mencapai 50-60 kilogram itu hanya ditopang dengan menggunakan gigi penari yang membawakan dan tari reog sendiri sudah menjadi salah satu tari ciri khas masyarakat jawa yang cukup terkenal hingga manca negara.

LihatTutupKomentar