Tak Banyak Orang Tahu!!! 5 Makhluk Mitologi Indonesia Yang Ternyata Masih Ada Di Sekitar Kita.

Setiap negara di dunia ini pasti mempunyai makhluk mitologi yang terkenal di wilayah tersebut,seperti yunani negeri ini terkenal di penjuru dunia dengan banyak sekali makhluk mitologi yang menyeramkan seperti medusan sampai centaurus

Di indonesia sendiri juga mempunyai makhluk mitologi yang menyeramkan juga loh,pasalnya masih banyak masyarakat yang tingal diwilayah yang digadang-gadang masih terdapat makhluk mitologi tersebut. Makhluk mitologi apa saja kah itu? Mari kita telusuri satu-satu.


1. Ahool
Sumber foto: pinterest

Ahool ialah makhluk berjenis kriptis terbang,atau kelelawar raksasa. Di beri nama ahool sebab ia mengeluarkan suara "ahoool" yang panjang,dan mempunyai lebar sayap 12 kaki. Makhluk ini mempunyai bulu pendek berwarna abu-abu gelap,dan mata hitam yang besar,mempunyai bentuk kepala monyet dan tubuhnya manusia,wajahnya juga rata.

Menurut catatan,makhluk ini ialah makhluk nokturnal yang artinya aktif di malam hari saja,dan juga banyak peneliti yang menyampaikan pernah melihat mahkluk mitologi ini di hutan jawa,tetapi belum ada bukti yang cukup jelas untuk membuktikan keberadaan makhluk ini.

2. Orang Bati
Sumber foto: https://cryptidz.fandom.com/wiki/Orang_Bati

Makhluk ini sangat di takuti bagi masyarakat maluku,khusnya yang berada di wilayah pulau seram. Sebab menurut warga maluku yang berada di wilayah pulau seram,makhluk ini ialah makhluk yang berwujud manusia merah dan memiliki sayap.

Orang bati sendiri mempunyai bentuk yang mirip dengan manusia biasanya,bedanya makhluk ini ialah manusia merah karna seluruh tubuhnya berwarna merah darah,dan juga makhluk ini mempunyai sayap seperti kelelawar yang cukup lebar.

3. Cindaku
Sumber foto: beritake.com

Makhluk ini di kenal di wilayah jambi,cindaku ialah makhluk  gabungan dari harimau atau macan dengan manusia. Hampir mirip dengan warewolf,kalau warewolf gabungan antara serigala dengan manusia.

Cindaku sendiri juga adalah sebuah kekuatan dari manusia,yang mempunyai ilmu magis yang diturunkan dari nenek moyang manusia tersebut. Dan sampai sekarang masyarakat jambi masih mempercayai keberadaan makhluk ini,banyak juga kisah-kisah dibalik cindaku lainnya yang diceritakan di berbagai catatan sejarah menurut versinya masing-masing. Tetapi,pada intinya cindaku berhubungan tentang manusia dengan harimau,dan juga menjadi landasan kisah legenda manusia harimau di wilayah sumatera.

4. Banaspati
Ilustrasi penampakan banaspati

Makhluk ini biasa disebut sebagai hantu atau roh jahat yang mempunyai ilmu hitam tingkat tingi,yang berwujud seperti bola api. Makhluk ini juga biasa ditemukan di pulau jawa dan juga wilayah kalimantan.

Makhluk ini juga mempunyai beragam jenis seperti,banaspati geni yang bersenyawa dengan udara,dan banaspatati tanah liat yang suka bersembunyi dihutan dan kerap memangsa korbannya dengan cara menghisap darahnya,biasanya ornag yang sudah menjadi target dari makhluk ini akan langsung meninggal seketika.

5. Leak
Sumber foto: fotokita.net

Makhluk ini terkenal di wilayah bali,Leak ialah manusia biasa pada umumnya yang memiliki sihir jahat dan juga membutuhkan darah agar tetap hidup. Bentuk leak yang asli mempunyai lidah panjang dan gigi yang tajam,makhluk ini juga banyak sekali jenisnya diantaranya,leak pemoroan,leak nengkleng,dan juga leak ugig.

Leak juga kerap mencari organ-organ manusia untuk dijadikan sesajen,dan wanita hamil kerap dijadikan sasaran untuk dihisap darah bayinya. Makhluk ini juga hanya aktif di malam hari,dan jika siang hari dia akan berubah jadi manusia biasa,dan pada malam hari dia akan berubah menjadi leak untuk melakukan berbagai ritual.
LihatTutupKomentar